Laman

Kamis, 07 April 2011

Matriks

BAB I
PENDAHULUAN

A.DESKRIPSI

Modul siswa tentang matriks ini terdiri atas 3 bagian proses pembelajaran yang meliputi 3 sub kompetensi, yaitu:
1.Pengantar Matriks, yang terdiri dari dua kegiatan belajar. Kegiatan Belajar 1 membahas pengertian matriks, notasi matriks, baris dan kolom matriks, elemen serta ordo matriks. Kegiatan Belajar 2, membahas jenis-jenis matriks, kesamaan matriks dan transpos suatu matriks. Pembelajaran untuk pengantar matriks dialokasikan 6 jam pelajaran.
2.Operasi Matriks, yang terdiri dari dua kegiatan belajar. Kegiatan Belajar 3 membahas penjumlahan dan pengurangan matriks. Kegiatan Belajar 4 membahas perkalian skalar dengan matriks dan perkalian matriks dengan matriks. Pembelajaran untuk operasi matriks dialokasikan 8 jam pelajaran.
3.Determinan, Invers, Minor, dan Kofaktor Matriks serta penyelesaian persamaan linear dua peubah terdiri dari tiga kegiatan belajar. Kegiatan Belajar 5 membahas determinan dan invers matriks. Kegiatan Belajar 6 membahas minor dan kofaktor suatu matriks. Kegiatan Belajar 7 membahas penyelesaian persamaan linear dua peubah dengan menggunakan matriks. Pembelajaran ini dialokasikan 11 jam pelajaran.
4.Evaluasi untuk kompetensi penerapan konsep matriks dialokasikan 2 jam pelajaran.

Setelah mempelajari modul ini, kompetensi yang diharapkan adalah siswa dapat menerapkan konsep matriks dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan penggunaan matriks.

Pendekatan yang digunakan dalam menyelesaikan modul ini menggunakan pendekatan siswa aktif melalui metode pemberian tugas, diskusi pemecahan masalah, serta presentasi. Guru merancang pembelajaran yang memberikan kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk berperan aktif dalam membangun konsep secara mandiri ataupun bersama-sama.

B.PRASYARAT

Kemampuan awal yang diperlukan untuk mempelajari modul ini adalah siswa telah mempelajari dan menguasai modul tentang Bilangan Real, dan Persamaan dan Pertidaksamaan.

C.PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1. Penjelasan Bagi Siswa
a.Bacalah modul ini secara berurutan dari Kata Pengantar sampai Cek Kemampuan, pahami benar isi dari setiap babnya.
b.Setelah anda mengisi Cek Kemampuan, apakah anda termasuk kategori orang yang perlu mempelajari modul ini? Apabila anda menjawab YA, maka pelajari modul ini.
c. Laksanakan semua tugas-tugas yang ada dalam modul ini agar kompetensi anda berkembang sesuai standar.
d.Buatlah rencana belajar anda dengan menggunakan format seperti yang ada dalam modul, konsultasikan dengan guru dan institusi pasangan penjamin mutu, hingga mendapat persetujuan.
e.Lakukan kegiatan belajar untuk mendapatkan kompetensi sesuai rencana kegiatan belajar yang telah anda susun dan disetujui oleh guru dan institusi pasangan penjamin mutu.
f.Setiap mempelajari satu sub kompetensi, anda harus mulai dari menguasai pengetahuan pendukung (Uraian Materi), melaksanakan tugas-tugas, mengerjakan lembar latihan.
g.Dalam mengerjakan Lembar Latihan, anda jangan melihat Kunci Jawaban terlebih dahulu sebelum anda menyelesaikan Lembar Latihan.
h.Laksanakan Lembar Kerja untuk pembentukan keterampilan psikomotorik sampai anda benar-benar terampil sesuai standar. Apabila anda mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas ini, konsultasikan dengan guru anda.

2. Peran Guru
a.Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar.
b.Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
c.Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktek baru dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa.
d.Membantu siswa dalam menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
e.Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.
f.Merencanakan seorang ahli/ pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan.
g.Melaksanakan penilaian.
h.Menjelaskan kepada siswa mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya
i.Mencatat pencapaian kemajuan siswa.

D.TUJUAN AKHIR

Spesifikasi kinerja yang diharapkan dikuasai siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan belajar adalah siswa dapat :
1.Membuat susunan bilangan dalam bentuk matriks.
2.Menyebutkan ordo suatu matriks.
3.Menuliskan bentuk umum suatu matriks dalam ordo tertentu.
4.Mengidentifikasi jenis-jenis matriks.
5.Menyelesaikan kesamaan matriks.
6.Menjumlahkan atau mengurangkan dua matriks atau lebih.
7.Mengalikan skalar dengan matriks.
8.Mengalikan dua matriks.
9.Mencari invers dan determinan suatu matriks ordo dua.
10.Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan matriks.
Silahkan download di sini Modul Matriks 1 dan Modul Matriks 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar