Laman

Kamis, 07 April 2011

Peluang


BAB I

A.    DESKRIPSI.
Modul siswa tentang peluang ini terdiri atas 2 bagian proses pembelajaran yang meliputi 2 sub kompetensi, yaitu :
1.      Pengantar Peluang yang terdiri atas 2 kegaitan belajar. Kegiatan belajar 1. Membahas kaidah pencacahan, faktorial, permutasi dari n unsur, kegiatan belajar 2 membahas kombinasi dari n unsur dan penggunaan permutasi dan kombinasi dalam menyelesaikan masalah kejuruan, dialokasi 10 jam.
2.      Peluang suatu kejadian yang terdiri dari dua kegiatan belajar, kepastian dan kemustahilan, frekuensi harapan suatu kejadian, peluang kejadian saling lepas, peluang kejadian saling bebas, dialokasikan 10 jam
3.      Evaluasi untuk kompetensi penerapan konsep peluang dialokasikan 2 jam pelajaran.
Setelah mempelajari madul ini, kompetensi yang diharapkan adalah siswa dapat menerapkan konsep teori peluang dalam memecahkan permasalan yang berhubungan dengan penggunaan peluang.
Pendekatan yang digunakan dalam modul ni menggunakan dalam modul ini menggunakan pendekatan siswa aktif melalui metode pemberi tugas , demontrasi diskusi pemecahan masalah serta presentasi. Guru merancang pembelajaran yang memberikan kesempatan seluas luasnya pada siswa untuk berperan aktif dalam membangun konsep secara mandiri ataupun bersama-sama.

B.    PRASYARAT
Kemampuan awal yang diperlukan untuk mempelajari modul ini adalah siswa telah mempelajari dan menguasai modul tentang Bilangan Real.

C.    PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1.     Penjelasan Bagi siswa.
  1. Bacalah modul ini secara berurutan dari kata pengantar sampai Cek Kemampuan, pahami benar isi dari setiap babnya.
  2. Setelah anda mengisi cek kemampuan, apakah anda termasuk kategori orang yang perlu mempelajari modul ini, Apabila anda menjawab ya, maka pelajari modul ini.
  3. Laksanakan semua tugas-tugas yang ada dalam modul ini agar kompetensi anda berkembang sesuai standar.
  4. Buatlah rencana belajar anda dengan menggunakan format seperti yang ada dalam modul, konsultasikan dengan guru dan institusi pasangan penjamin mutu, hingga mendapat persetujuan.
  5. Lakukan kegiatan belajar untuk mendapatkan kompetensi sesuai rencana kegiatan belajar yang telah anda susun dan setujui oleh guru dan institusi pasangan penjamin mutu.
  6. Setiap mempelajari satu sub bab kompetensi, anda harus melalui dari menguasi pengetahuan pendukung (Uraian Materi ), Melaksnakan tugas-tugas, mengerjakan lembar latihan.
  7. Dalam mengerjakan Lembar Latihan, anda jangan melihat Kunci Jawaban terlebih dahulu sebelum anda menyelesaikan Lembar Latihan.
  8. Laksanakan Lembar Kerja untuk pembentukan ketrampilan psikomotorik sampai anda benar-benar terampil sesuai standar. Apabila anda mengalami kesulitan dalam melaksankan tugas ini konsultasi dengan giri anda.
2.     Peran Guru
  1. Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar.
  2. Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskna dalam tahap belajar.
  3. Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktek baru dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa.
  4. Membantu siswa dalam menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
  5. Mengaorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.
  6. Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan.
  7. Melaksankan penilaian.
  8. Menjelaskan kepada siswa menganai bagain yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan secara pembelajaran selanjutnya.
  9. Mencatat pencapaian kemajuan siswa.
Untuk lebih lengkapnya silahkan download di sini Modul Peluang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar