Laman

Kamis, 07 April 2011

Statistika


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
Mata Pelajaran                  :  Matematika
Kelas / Semester               :  3 / Ganjil
Pertemuan ke                    :  1 (satu)
Alokasi Waktu                   :   3 Jam Pelajaran
Standart Kompetensi       :  Menerapkan Konsep Statistika
Kompetensi Dasar            :  Menyajikan data dalam tabel dan diagram
Indikator                              :  Data disajikan dalam bentuk tabel
                           - menunjukkan contoh-contoh tabel dan macam-macam diagram 
                    - dapat menentukan besarnya jangkauan dari data acak
                    - dapat menetapkan banyaknya kelas / interval
                    -  dapat menentukan panjang interval
                   -  dapat membuat tabel distribusi frekuensi dari data acak  / tunggal
                  -  dapat menyebutkan pengertian frekuensi
                  -  dapat menyebutkan batas atas interval, batas  bawah interval, tepi atas interval,  
                     tepi bawah interval dan nilai tengah interval
                 - dapat menghitung frekuensi komulatif pada suatu interval
I.    Tujuan Pembelajaran  :
               1.  Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh tabel dan macam-macam
                   diagram
               2.  Siswa dapat menentukan besarnya jangkauan dari data acak
               3.  Siswa dapat menetapkan banyaknya kelas / interval
               4.  Siswa dapat menentukan panjang interval
               5.  Siswa dapat membuat tabel distribusi frekuensi dari data acak / tunggal
               6.  Siswa dapat menyebutkan pengertian frekuensi
               7.  Siswa dapat menyebutkan batas atas interval, batas bawah interval, tepi
                    atas interval, tepi bawah interval dan nilai tengah interval
               8.  Siswa dapat menghitung frekuensi komulatif pada suatu interval

II.   Materi Ajar :

          Tabel Distribusi Frekuensi.
                        Untuk membuat tabel distribusi frekuensi dari data acak, diperlukan langlah-langkah sebagai berikut :
1.     Jangkauan / Range  ( R )
                       adalah  selisih nilai data tertinggi dengan nilai data terendah.
                        Rumus :
                                                     R  =  Xt  -  Xr                                     X= Nilai data tertinggi
                                                                                                  Xr  = Nilai data terendah

2.     Banyaknya kelas / banyaknya interval  ( K )
           Rumus aturan  STURGES :
                                         K   =  1 + 3,3 log N                     K = banyaknya kelas
                                                                                                         N = banyaknya data
     
3.    Interval kelas / panjang kelas  ( p )
                       Rumus  :
                                                                              R  = Jangkauan
                                                                                             K  = banyaknya kelas









      Contoh  :
             Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi dari data berikut ini :
             Data nilai hasil ulangan Matematika pada sekolah “X” sebagai berikut :
             51        58        71        76        90        85        86        73        67        69       
             57        48        40        53        65        81        90        73        77        74
             60        70        69        61        75        62        56        43        72        94
             72        63        71        74        58        78        75        76        83        68
             66        68        50        64        65        71        85        59        67        60

      Jawab :         Banyakanya data        N = 50
                            Jangkauan                   R = Xt – Xr
                                                                    =  94 – 40
                                                                     =  54

                             Banyaknya kelas       K = 1 + 3,3 log N
                                                                   = 1 + 3,3 log 50
                                                                   = 1 + 3,3 x 1,699
                                                                   =  1 +  5,6067
                                                                   =  6,6067   ≡  7  (pembulatan)

                          Interval kelas           
                                                                 =  7,714   ≡   8  (pembulatan)

1 komentar: