Laman

Sabtu, 17 Desember 2011

IRISAN KERUCUT KELAS XII SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Nomor : 01)

Nama Sekolah               :  
Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas/Semester            : XII / I
Standar Kompetensi   : Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah
Kode Kompetensi        : D.34
Kompetensi Dasar       : Menerapkan konsep lingkaran
Indikator                          :
1.   Unsur – unsur lingkaran dideskripsikan sesuai ciri-cirinya.
2.   Persamaan lingkaran ditentukan  berdasarkan unsur-unsur yang diketahui.
3.   Garis singgung lingkaran dilukis dengan benar.
4.   Panjang garis singgung lingkaran dihitung dengan benar.
Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan (4 x 45 menit)

I.       Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :   
·        Mendiskripsikan unsur-unsur lingkaran sesuai ciri-cirinya.
·        menentukan persamaan lingkaran berdasarkan unsur-unsur yang diketahui.
·        Melukis garis singgung lingkaran dengan benar.
·        Menghitung  dengan benar panjang garis singgung lingkaran.

II.      Materi Pembelajaran               :
-                   Lingkaran dan unsur-unsurnya
-                   Persamaan dan garis singgung lingkaran

III.    Kegiatan Pembelajaran         :

Pertemuan  I

Kegiatan Awal
·   Guru menjelaskan pada siswa  tujuan mempelajari materi ini.
·   Guru mengingatkan kembali konsep lingkaran yang pernah diperoleh di SMP.
    Kegiatan Inti
·   Guru menggambar irisan kerucut.
·   Guru mendeskripsikan unsur-unsur lingkaran dan menjelaskan cara menentukan persamaan lingkaran.
·   Guru memberikan beberapa contoh bervariasi.
·   Guru memberikan soal-soal latihan.
       Kegiatan Akhir
·   Guru menanyakan kesulitan siswa dalam memahamimateri ini.
·   Guru menyimpulkan materi yang baru dipelajari
·   Guru membimbing siswa membuat rangkuman.

Pertemuan  II

    Kegiatan Awal
·   Guru menjawab berbagai pertanyaan terkait dengan materi sebelumnya.
 Kegiatan Inti
·   Guru menjelaskan cara menentukan persamaan garis singgung sekutu dua lingkaran.
·   Guru melukis garis singgung sekutu dua lingkaran.
·   Guru menentukan panjang garis singgung sekutu dua lingkaran.
·   Guru memberikan beberapa contoh bervariasi.
·   Guru memberikan soal-soal latihan.

Kegiatan Akhir
·   Guru menanyakan kesulitan siswa dalam memahamimateri ini.
·   Guru menyimpulkan materi yang baru dipelajari
·   Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·   Guru memberikan soal-soal pendalaman untuk diselesaikan di rumah.

IV.   Alat/Bahan/Sumber Belajar  :
·   Buku-buku matematika yang relevan.
·   LKS dan modul Irisan kerucut.
·   Alat-alat klasikal.

V.     Metode Pembelajaran            :
-                   Ceramah
-                   Tanya jawab
-                   Penugasan

VI.   Penilaian            :
·   Tes tulis
      Pamekasan........................... 2010
Wakasek  Kurikulum,                                           Guru Mata Pelajaran,




Mengetahui,
Kepala SMK.................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar