Laman

Kamis, 07 April 2011

Bilangan Real

BAB I
PENDAHULUAN

A. DESKRIPSI
Modul siswa tentang operasi bilangan real terdiri atas lima bagian proses pemelajaran yang meliputi empat sub kompetensi yaitu :
1. Kegiatan belajar 1 membahas tentang operasi pada bilangan real, kegiatan belajar 2 membahas tentang pangkat, kegiatan belajar 3 membahas tentang akar, kegiatan belajar 4 membahas tentang sifat logaritma dan kegiatan belajar 5 tentang logaritma Briggs.
2. Evaluasi untuk kompetensi operasi bilangan real dialokasikan 2 jam pelajaran.
Setelah mempelajari modul ini, kompetensi yang diharapkan adalah siswa dapat menerapkan konsep dasar operasi bilangan real pada penyelesaian permasalahan, baik yang berhubungan dengan bidang keahliannya maupun dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan yang digunakan dalam menyelesaikan modul ini menggunakan pendekatan siswa aktif melalui metode pemberian tugas, diskusi pemecahan masalah, serta presentasi. Guru merancang pemelajaran yang memberikan kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk berperan aktif dalam membangun konsep secara mandiri ataupun bersama-sama.

B. PRASYARAT
Kemampuan awal yang diperlukan untuk mempelajari modul ini adalah siswa telah menguasai konsep tentang bilangan rasional.

C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1. Penjelasan bagi siswa
a. Bacalah modul ini secara berurutan dari kata pengantar sampai cek kemampuan, pahami benar isi dari tiap babnya
b. Setelah anda mengisi cek kemampuan, apakah anda termasuk kategori orang yang mempelajari modul ini ? Apabila anda menjawab ya, maka pelajari modul ini
c. Laksanakan semua tugas-tugas yang ada dalam modul ini agar kompetensi anda berkembang sesuai standar
d. Buatlah rencana belajar anda dengan menggunakan format seperti yang ada dalam modul, konsultasikan dengan guru hingga mendapat persetujuan.
e. Lakukan kegiatan belajar untuk mendapatkan kompetensi sesuai rencana kegiatan belajar yang telah anda susun dan setujui oleh guru
f. Setiap mempelajari satu kompetensi, anda harus mulai dari menguasai pengetahuan pendukung (uraian materi) melaksanakan tugas-tugas, mengerjakan lembar latihan
g. Dalam mengerjakan lembar latihan, anda jangan melihat kunci jawaban terlebih dahulu sebelum anda menyelesaikan lembar latihan
h. Laksanakan lembar kerja untuk pembentukan keterampilan psikomotorik sampai anda benar-benar terampil sesuai standar. Apabila anda mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas ini, konsultasikan dengan guru anda.
2. Peran guru
a. Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar
b. Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar
c. Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktik baru dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa
d. Membantu siswa dalam menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar
e. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan
f. Merencanakan seorang ahli /pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan
g. Melaksanakan penilaian
h. Menjelaskan kepada siswa mengenai kegiatan yang perlu untuk dikenali dan merundingkan rencana pemelajaran selanjutnya
i. Mencatat pencapaian kemajuan siswa

D. TUJUAN AKHIR
Spesifikasi kinerja yang diharapkan dikuasai siswa setrelah mengikuti seluruh kegiatan belajar adalah siswa dapat :
1. Menyatakan kembali pengertian bilangan asli, cacah, bulat, rasional dan real
2. Mengungkapkan kembali konsep dasar operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada bilangan rasional
3. Menyatakan kembali pengertian perbandingan, skala dan persen
4. Menyelesaikan permasalahan perbandingan, skala dan persen
5. Menuliskan sifat-sifat bilangan berpangkat
6. Mengoperasikan bilangan berpangkat
7. Menyelesaikan permasalahan bilangan berpangkat
8. Menuliskan sifat-sifat bilangan irasional (akar)
9. Mengoperasikan bilangan akar
10. Menyederhanakan akar
Silahkan download di sini Modul Bilangan Real

Tidak ada komentar:

Posting Komentar