Laman

Kamis, 07 April 2011

Fungsi


BAB I
PENDAHULUAN

A.                Deskripsi


Modul siswa tentang relasi dan fungsi ini terdiri atas 3 bagian proses pemelajaran yang meliputi 3 sub kompetensi, yaitu:
1.      Pengantar Relasi dan Fungsi, yang terdiri dari tiga kegiatan belajar.
Kegiatan Belajar 1 membahas : pengertian relasi, pengertian fungsi, daerah asal dan daerah hasil. Kegiatan Belajar 2 membahas : sifat fungsi pada (onto) dan fungsi ke dalam (into), sifat fungsi surjektif, fungsi injektif, dan fungsi bijektif. Kegiatan Belajar 3 membahas : operasi jumlah, selisih, hasil kali, hasil bagi, dan pangkat pada fungsi, serta daerah asal hasil operasi pada fungsi. Pemelajaran untuk pengantar relasi dan fungsi dialokasikan 10 jam pelajaran.
2.      Fungsi dan Grafik Fungsi, yang terdiri dari satu kegiatan belajar.
Kegiatan Belajar 4 membahas : macam-macam fungsi, grafik fungsi dalam sistem koordinat Cartesius, fungsi genap dan fungsi ganjil, fungsi nilai mutlak dan fungsi bilangan bulat terbesar. Pemelajaran untuk fungsi dan grafik fungsi dialokasikan 8 jam pelajaran.
3.      Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers, terdiri dari dua kegiatan belajar.
Kegiatan Belajar 5 membahas : pengertian fungsi komposisi, domain fungsi komposisi, sifat-sifat fungsi komposisi, serta translasi grafik fungsi. Kegiatan Belajar 6 membahas : pengertian fungsi invers, domain fungsi invers, serta sifat-sifat fungsi invers. Pembelajaran ini dialokasikan 10 jam pelajaran.
Evaluasi untuk kompetensi penerapan konsep relasi dan fungsi dialokasikan 2 jam pelajaran.
Setelah mempelajari modul ini, kompetensi yang diharapkan adalah siswa dapat menerapkan konsep relasi dan fungsi dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan penggunaan relasi dan fungsi.
Pendekatan yang digunakan dalam menyelesaikan modul ini menggunakan pendekatan siswa aktif melalui metode : pemberian tugas, diskusi pemecahan masalah, serta presentasi. Guru merancang pembelajaran, yang memberikan kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk berperan aktif dalam membangun konsep secara mandiri ataupun bersama-sama.

B.        Prasyarat

Kemampuan awal  yang diperlukan untuk mempelajari modul ini adalah siswa telah mempelajari dan menguasai modul tentang Bilangan Real, dan  Persamaan dan pertidaksamaan.
C.        Petunjuk Penggunaan Modul

C.1.     Penjelasan Bagi Siswa

a.       Bacalah modul ini secara berurutan dari Kata Pengantar sampai Cek Kemampuan, fahami benar isi dari setiap babnya.
b.      Setelah anda mengisi Cek Kemampuan, apakah anda termasuk katagori orang yang perlu mempelajari modul ini? Apabila anda menjawab YA, maka pelajari modul ini.
c.       Laksanakan semua tugas-tugas yang ada dalam modul ini agar kompetensi anda berkembang sesuai standar.
d.      Buatlah rencana belajar anda dengan menggunakan format seperti yang ada dalam modul, konsultasikan dengan guru dan institusi pasangan penjamin mutu, hingga mendapat persetujuan.
e.       Lakukan kegiatan belajar untuk mendapatkan kompetensi sesuai rencana kegiatan belajar yang telah anda susun dan disetujui oleh guru dan institusi pasangan penjamin mutu.
f.       Dalam mempelajari kompetensi ini, anda harus mulai dari menguasai pengetahuan pendukung (uraian materi dan contoh soal), melaksanakan tugas-tugas, serta mengerjakan soal-soal dasar (pada bab evaluasi).
g.      Dalam mengerjakan soal-soal dasar, anda jangan melihat Kunci Jawaban terlebih dahulu, sebelum anda menyelesaikan soal-soal dasar.
h.      Kerjakan soal-soal pengayaan untuk pembentukan keahlian, sampai anda benar-benar terampil sesuai standar dan bahkan diatas standar. Apabila anda mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas ini, konsultasikan dengan guru anda.
Lebih lengkapnya ilahkan download di sini Modul Fungsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar